Minggu, 22 September 2013

Metode Penambangan BAHAN GALIAN INDUSTRI



1.    
Penambangan Bahan Galian Industri menggunakan Sistem Secara Tambang Terbuka Maupun Tambang Bawah Tanah.
a.       Tambang Terbuka : Semua Kegiatan Penambangan dilakukan sipermukaan tanah/bumi. Pada kegiatan penambangan ini khususnya untuk bahan galian industri dinamakan Quarry mining. Berdasarkan produk yang dihasilkan, letak dan bentuknya Quarry dibagi menjadi :
1)      Quarry tipe sisi bukit (Side Hill Type), dengan Lereng Yang berjenjang.

2)      Quarry tipe lubang galian (Pit Type), Quarry yang endapannya terletak dibawah permukaan dan topografinya mendatar sehingga setelah ditambng akan membentuk cekunga (Pit) Berjenjang.

b.  Tambang Bawah Tanah : Dikenal dengan istilah Lubang Tikus (Geophering), Disebut pula sebagai lubang marmot, biasa diterapkan untuk endapan bahan galian industri atau urat bijih dengan bentuk dan ukuran tidak teratur serta tersebar tidak merata. Arah penambangannya mengikuti arah bentuk endapan atau urat bijih yang ditambang. Contohnya Tambang Phospat Di Ciamis (Jawa Barat) , dan Gipsum Di Ponorogo (Jawa Timur).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM INISIASI PELEDAKAN (Blast Initiation System)

Inisiator merupakan suatu istilah yang diguanakan oleh perusahaan (industri) bahan peledakn untuk mendeskripsikan peralatan yang dapat dig...