Jumat, 13 Januari 2012

TABEL WAKTU GEOLOGI

Struktur dan lokasi lapisan kulit batuan dalam waktu tertentu, kita membutuhkan beberapa unit pada skala waktu geologi. Selama lebih dari 570 juta tahun adalah masa Precambrion. Tiga masa berikutnya adalah Paleozoic, Mesozoic, dan Cenozoic. Seluruh masa ini menunjukkan evolusi bentuk-bentuk kehidupan di laut dan di darat. Zaman-zaman geologi juga dibagi menjadi beberapa periode; namanya zaman dan durasi yang diberikan pada tabel 12.1. Keseluruhan waktu geologi, singkat tetapi pembentukan lapisan-lapisan kulit menjadi retak dan patah. Pembentukan bagian gunung semacam ini diketahui sebagai suatu orogeni.

Tabel 12.1. Zaman Cenozoic berpusat pada permukaan daratan karena karakter pemandangan di sekitarnya sekarang, terbentuk 65 juta tahun lamanya ketika mulai zaman ini. Karena zaman Cenozoic termasuk durasi yang singkat, tidak mungkin lebih dari durasi rata-rata umur yang lebih tua. Zaman ini dibagi secara langsung menjadi beberapa unit waktu yang disebut epoc.

Bangsa manusia genus homo, terbentuk pada zaman EpocPliocean terakhir. Seperti yang anda lihat, periode okupasi manusia pada permukaan bumi adalah momen yang terjadi pada durasi yang lama sepanjang sejarah geologi.

Share it