Minggu, 11 Desember 2011

Foto Udara


Sebelum melakukan interprestasi foto udara, kita harus tahu perangkat-perangkat yang digunakan serta prosedur dan tata cara penggunaannya untuk memperoleh hasil maksimal.
Foto udara merupakan gambar suatu daerah yang diambil dari atas udara, dan untuk melihat kenampakan hasil foto udara tersebut secara tiga dimensi maka digunakan alat yang namanya streoskop.
Tujuan pengenalan alat dalam pengamatan foto udara adalah :
1.      untuk mengenalkan seluruh bagian dan fungsi serta cara kerja streoskop cermin
2.      untuk mengenal dan mengetahui keterangan ciri peta foto udara
3.      mampu melakukan atau mendapatkan pandangan tiga dimensi secara benar.
Pengamatan foto udara dapat dilakukan dengan pengamatan streoskopik, yaitu menggunkan dua tampalan foto udara dengan pengamatan streoskop yang diutarakan oleh ligterink dan juga harus memenuhi persyaratan dalam penyetelan.
Pengamatan streoskop adalah pengamatan atas tampalan dua foto udara dengan menggunakan alat streoskop sehingga muncul gambaran tiga dimensi atas daerah yang diamati. Gambaran tiga dimensi ini memungkinkan untuk membuat peta garis tinggi, mengukur beda tinggi, dan mengukur lereng berdasarkan tampalan foto tersebut. Secara garis besar dikenal empat jenis streoskop, yaitu :
1.      Streoskop saku
2.      streoskop penyiuman
3.      zoom transfersrop
4.      streoskop cermin.
Dalam laboratorium geologi dasar yang digunakan adalah streoskop jenis keempat. Adapun keuntungan dari alat ini adalah pengamatan atas foto udara pada ukuran baku lebih mudah dilakukan karena basis mata diperpenjang jaraknya dengan basis streo hingga sekitar 24-26 cm. Selain itu, dapat dipasang binokuler untuk perbesaran gambar yang diamati. Streoskop cermin biasanya menggunakan batang parallax. Kelemahan alat ini adalah pengamatan dengan binokuler, memiliki pengaruh hasil pengamatan. Yaitu perlunya menggeser-geserkan alat streoskop agar pengamatan seluruh daerah dapat diamati. Karena luas daerah berbanding terbalik dengan kuadrat pembesarannya, dan arah basis foto udara haruslah sejajar dengan arah basis streo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM INISIASI PELEDAKAN (Blast Initiation System)

Inisiator merupakan suatu istilah yang diguanakan oleh perusahaan (industri) bahan peledakn untuk mendeskripsikan peralatan yang dapat dig...