Minggu, 11 Desember 2011

Pengertian Peta Topografi


PETA  merupakan ungkapan miniatur dari suatu posisi permukaan bumi yang dilihat dari tas. Guna peta adalah untuk memplot suatu obek dan pengamatan di permukaan bumi misal : lokasi,singkapan geologi di permukaan, jalan raya, kota, dll.
Peta merupakan gambar berskala permukaan bumi dilihat dari atas. Guna peta adalah untuk memplot suatu objek dari pengamatan di permukaan bumi. Hasil pengamatan yang diplot ini kemudian dijadikan dasar untuk penafsiran suatu daerah. Jadi dengan membaca dan memahami secara langsung dari peta, kondisi sesungguhnya dapat kita ketahui ntanpa perlu mengamati langsung di lapangan. Ada berbagai macam jenis peta yang penting untuk dipahami, yaitu :
1.      Peta Planimetri
Peta tanpa menggunakan elevasi desebut juga sebagai peta geografi. Peta ini menginformasikan tentang letak geografis, luas planimetri, sungai, guinung, jalan, kota dan lain – lain.
2.      Peta Topografi
Peta topografi merupakan peta yang mengungkapkan posisi dan ukuran suatu wilayah bentang alam. Ukuran dinyatakan dengan skala ; posisi meliputi letak geografis, relief dan elevasi yang dinyatakan dengan garis kontur. Peta topografi berkaitan erat dengan geodesi (pengukuran di permukaan bumi).

Share it