Minggu, 11 Desember 2011

Struktur Lipatan (Fold)


Lipatan adalah perubahan bentuk dan volume pada batuan yang ditunjukkan oleh pelengkungan atau melipatnya batuan akibat pengaruh gaya yang bekerja pada batuan tersebut.
Unsur – unsur atau bagian – bagian serta beberapa istilah yang terdapat dalam struktur lipatan, yaitu :
1.      Sayap lipatan (limb)    :  bagian sebelah – menyebelah dari sisi lipatan
2.      Bidang sumbu lipatan : suatu bidang yangmemotong lipatan, membagi sama besar sudut yang dibentuk oleh kedua sayap lipatan
3.      Puncak lipatan (crest)  : titik atau garis tertinggi dari suatu lipatan
4.      Garis sumbu (axis)      :  perpotongan antara bidang sumbu dengan bidang horizontal
5.      Attitude                      :  istilah umum untuk orientasi bidang struktur atau garis dalam ruang, biasanya dihubungkan dengan koordinat geografis dan garis horizon.
6.      Bearing (arah)             :  sudut horizontal antara sebuah garis dengan arah koordinat tertentu.
7.      Inklinasi                      : istilah umum untuk sudut vertikal, diukur ke bawah antara horizon dengan bidang atau garis
8.      Strike (jurus)               :  bearing dari sebuah garis horizon (arah bidang horizontal) yang terletak pada bidang miring.
9.      Dip (kemiringan)         :  kecondongan terbesar yang dibentuk oleh bidang miring dan horizon.
10.  Apparent Dip              :  kemiringan semu, yaitu kecondongan sebuah bidang yang diukur dengan arah tidak tegak lurus strike.
Berdasarkan ketampakannya pada penampang, maka lipatan terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
1.      Antiklin                       :  lipatan yang kemiringan kedua sayapnya ke arah saling berlawanan dan saling menjauh. Bentuk convec dengan cembungnya mengarah ke atas.
2.      Sinklin                         :  lipatan yang kemiringan kedua sayapnya menuju ke satu arah saling mendekat. Bentuk convac dengan cekungnya mengarah ke atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM INISIASI PELEDAKAN (Blast Initiation System)

Inisiator merupakan suatu istilah yang diguanakan oleh perusahaan (industri) bahan peledakn untuk mendeskripsikan peralatan yang dapat dig...