Minggu, 11 Desember 2011

Keterangan Pada Foto Udara


Pada foto udara terdapat  tanda-tanda yang dapat kita jumpai pada bagian tepi foto, antara lain :
1.      Tanda Fiducial
Tiap foto udara diberi empat atau delapan tanda fiducial yang terletak pada setiap sudut foto atau bagian tengah garis tepi foto. Perpotongan antara dua garis yang masing-masing ditarik dari dua tanda fiducial yang berhadapan menunjukkan letak titi utama atau titik tengah (principal point) foto.
2.      Seri Nomor
Seri normal yang lengkap setidaknya mengandung unsur-unsur berikut, antara lain : nomor registrasi, nomor daerah yang dipotret, tanggal pemotretan, nomor jalur terbang dan nomor foto. Nomor registrasi digunakan untuk pengarsipan dan pengambilan kembali serta pemesanan cetak foto bagi yang memerlukan. Nomor jalur terbang diperlukan dalam penyimpanan foto dan juga untuk menyusun mozaik serta untuk mencari pasangan streoskop. Contoh ; VII/316/Wonogiri/XIV-25. Nomor registrasi : VII/316, Wonogiri nama daerah, XIV sebagai nomor jalur terbang dan 25 adalah nomor urut foto dalam jalur terbang itu. Biasanya dilengkapi dengan tanggal pemotretan.
3.      Tanda Tepi
Terlertak pada tepi kiri dan tepi kanan foto. Pada umumnya tanda tepi terdiri atas empat buah. Tanda paling atas berupa level atau nivo untuk menunjukkan apakah foto udara tersebut benar-benar dalam keadaan vertikal. Tanda kedua berupa pukul yang menunjukkan jam pemotretan, sehingga diketahui orientasi, tinggi relatif objek berdasarkan arah dan panjang bayangan. Tanda ketiga memperlihatkan panjang fokus kamera dan nomor seri kamera yang digunakan. Tanda tepi paling bawah berupa altimeter, untuk menentukan tinggi pesawat terbang di atas permukaan laut saat pemotretan. Untuk mengetahui tinggi terbang pesawat di atas bidang rujukan, tinggi pada altimeter dikurangi dengan tinggi rata-rata daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM INISIASI PELEDAKAN (Blast Initiation System)

Inisiator merupakan suatu istilah yang diguanakan oleh perusahaan (industri) bahan peledakn untuk mendeskripsikan peralatan yang dapat dig...