Jumat, 11 November 2011

PEMETAAN TEMATIK


Peta tematik adalah peta yang memiliki tema tertentu, dilakukan dengan dengan memberi shading (pola tampilan) menurut tema yang diinginkan. Shading dapat berupa perubahan warna, pola, simbol atau keterangan berupa grafik statistik.

Pembuatan  peta tematik merupakan salah satu cara yang ampuh untuk melakukan visualisasi dan  analisis data. Terdapat beberapa metode pemetaan tematik yaitu:
·        ranges of values
·        graduated symbols
·        dot density
·        individual values
·        bar and pie charts
Adapun variasi dan pilihan dalam metode tersebut al:
·        thematic mapping
·        inflection point



PERENCANAAN PETA TEMATIK
Sebelum membuat peta tematik seharusnya diketahui elem-elemen yang membentuk peta tematik tersebut dan bagaimana menggabungkannya.

Variabel Tematik
Data yang ditampilkan pada peta tematik disebut variabel tematik dan dapat ditampilkan satu atau lebih variabel tematik. Metode ranges of valuse, graduated symbol , dot density dan individual values memanfaatkan satu variabel sedangkan dengan grafik batang atau lingkaran dapat memanfaatkan lebih dari satu varibael dalam waktu yang bersamaan. Variabel tematik dapat pula dalam bentuk ekperesi yang diturunkan dari data dalam table. Peta tematik dua variabel sebenarnya dapat diusahakan menggunakan simbol, misalnya warna untuk satu variabel dan ukuran untuk variabel yang lain.



Perolehan data
Data yang digunakan untuk membuat peta tematik dapat berasal dari table yang dijadikan peta dasar yang digunakan atau berasal dari table yang lain. Data yang verasal dari table yang lain dibawa ke dalam data di peta dasar dengan cara menghasilkan field temporer.

PETA INDIVIDUAL VALUE
Peta tematik dengan cara ini akan menampilkan point, line, boundary yang ditentukan berdasarkan nilai-nilai setiap rekord sevara individual. Jadi setiap nilai memiliki sendiri jenis warna maupun simbol.

·        Ambil table Jatim dan piliah menu Map > Create Thematic Map
·        Click Pilihan individual
·        Pilih field gaji



·        tampilan tematik secara individual value



·        layer tematik akan terdapat pada layer control:

 



RANGED MAP
Pemetaan tematik dengan cara ini akan mengelompokkan setiap rekord ke dalam interval yang ditentukan secara otomatis.



Metode ranges yang ditampilkan dapat berdasarkan beberapa hitungan sbb:
·        Equal Count, angka-angka yang sama dikelompokkan dalam satu range. Bila ditentukan hanya beberapa range, maka setiap range akan mengambil angka-angka yang mendekati.
·        Equal Ranges, nilai setiap rekord akan dikelompokkan ke dalam beberapa range yang memiliki interval yangg sama.
·        Break, Quantileing, melakukan tematik dengan pemerataan distribusi.

Dialog pilihan ranges:







GRADUATED SYMBOL MAPS
Tematik dengan cara ini menggunakan simbol untuk menunjukkan nilai-nilai yang berbeda.




DOT DENSISTY MAP
Penyajian nilai data menggunakan kepadatan titik-titik di dalam poligon. Setiap titik mewakili nilai tertentu dan besarnya titik memiliki 2 pilhan yaitu besar dan kecil.

BAR CHART MAP
Gambar statistik batang akan ditampilkan pada posisi centroid di boundary atau diloaksi lain sesuai dengan kebutuhan dan terdapat 8 pilihan. Variabel tematik yang digunakan lebih dari satu variabel.



PIE CHART MAP
Sama seperti Bar Chart Map, maka pada pie chart menampilkan bentuk grafik lingkaran.





PETA TEMATIK BY UPDATE COLUMN

Update column dapat terjadi karena pembuatan peta tematik dimana peta yang dijadikan dsar mengambil data dari table yang lain. Filed di peta akan ditambah dari data yang diambil tetapi sifatnya temporer.

·        Ambil data jatim yang dijadikan dasar pembuatan peta tematik dan table jatim1 untuk diambil salah satu fieldnya untuk dasar pembuatan tematik.
·        Isi dialog GetValue from table: jatim1 dan tekan tombol Join


tentukan filed yang akan di join:



·        hasil pemetaan tematik:




Table Jatim sebelum Join:



Table Jatim setelah Join, terdapat tambahan kolom Populasi_92 (temporer):




BIVARIATE THEMATIC MAPPING

Pemetaan ini menggunakan objek line atau point untuk menyajikan 2 buah variabel tematik. Cara peemetaan temati yang digunakan adalah ranges dan individual values. Dengan demikian dapat dipilih 2 kombinasi untuk pemetaan bivariate dan tergantung pula dari data yang ada:
·        2 buah ranges
·        1 ranges dan lainnya individual values.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM INISIASI PELEDAKAN (Blast Initiation System)

Inisiator merupakan suatu istilah yang diguanakan oleh perusahaan (industri) bahan peledakn untuk mendeskripsikan peralatan yang dapat dig...