Jumat, 14 Desember 2012

Bucket Wheel Excavator (BWE)



”Bucket wheel excavator” (BWE) adalah alat gali untuk pemindahan tanah (Gambar 1.4). Alat ini sesuai untuk dipergunakan pada material  tanah penutup maupun bijih yang lunak, baik lapisan tipis maupun tebal, terutama yang berupa tanah atau lempung, pasir maupun serpih lunak dimana tidak terdapat formasi batuan yang keras.
BWE merupakan salah satu alat gali secara berkesinambungan atau menerus (continuous digging machien). Umumnya ala tini dapat dipergunakan baik di atas, dibawah maupun pada lantai kerjanya, kemudian hasil penggaliannya ditumpahkan ke ”belt-conveyor”.
Penggaliannya dilakukan oleh sebuah ”boom” yang pada ujungnya terdapat roda besar dimana di sekelilingnya dipasang mangkuk-mangkuk. ”Boom” beserta mangkuk-mangkuknya yang berputar pada rodanya ditekan ke arah materual yang digali. Setelah mangkuk-mangkuk tersebut terisi penuh, selanjutnya ditumpahkan dengan cara yang khas ke belt-conveyor yang sudah terpasang sebagai alat angkut.
Oleh karena jumlah mangkuknya banyak, yaitu 6 – 12 buah, maka penggalian dengan BWE dapat dilakukan secara terus menerus (continuous). Disamping itu karena hasil penggaliannya langsung dimuat ke alat-angkut yang biasanya berupa rangkaian belt-conveyor, maka BWE juga berfungsi sebagai alat muat.
Pada umumnya cara penggalian mangkuk-mangkuk BWE dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
a.    ”Terrace Cut”, suatu cara penggalian dengan memotong permukaan kerja (front) ke arah depan sehingga terbentuk jenjang-jenjang pada lereng penggaliannya
b.    ”Dropping cut”, suatu cara penggalian dengan memotong permuka kerja ke arah bawah.
c.    ”Combination cut”, suatu cara penggalian gabungan, artinya menggali permukaan kerja B secara ”terrace cut” untuk bagian atas lapisan dan secara ”dropping cut” untuk bagian bawahnya.
Kemampuan BWE antara lain adalah :
a.    Menggali lapisan tanah penutup (stripping of overburden) pada endapan-endapan luas yang mendatar
b.    Menambang endapan-endapan mineral yang relatif lunak secara menerus (continuous mining) sehingga produksinya besar. Endapan-endapan mineral yang pernah ditambang dengan BWE antara lain adalah :
1)         Lignit
2)         Batubara
3)         Pasir minyak (oil sand)
4)         Serpih minyak (oil shale)
5)         Serpih uranium (uranium shale)
6)         Bauksit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM INISIASI PELEDAKAN (Blast Initiation System)

Inisiator merupakan suatu istilah yang diguanakan oleh perusahaan (industri) bahan peledakn untuk mendeskripsikan peralatan yang dapat dig...