Jumat, 14 Desember 2012

KERAJAAN KEDIRI



Sistem Pemerintahan
Raja-raja yang pernah memerintah di Kediri antara lain sbb :

a.      Samarawijaya
b.      Sri Bameswara
Semasa pemerintahannya raja ini banyak meninggalkan prasasti.

c.       Jaya Baya
Pengganti Bameswara adalah Jaya Baya. Dibawah pemerintahan Jaya Baya Kediri mencapai kejayaannya. Semasa pemerintahannya, Kediri dan Jenggala berhasil disatukan kembali. Keberhasilan dan kemenangan Jaya Baya itu diabadikan dalam kitab Bharatayudha yang digubah oleh Mpu Sendah dan Mpu Panulun. Selain sebagai pemimpin politik yang ulung, Jaya Baya termasyur dengan ramalannya. Ramalan itu dikumpulkan dalam suatu kitab berjudul Jongko Joyo Boyo.

d.      Kerta Jaya
Kerta Jaya adalah raja terakhir Kediri. Ia naik tahta menggantikan Kameswara. Lencana kerajaannya adalah sangka ( siput terbang ) dan garuda mukha. Pada masa pemerintahannya pernah bertentangan dengan kaum Brahma, yang akhirnya Brahma memeinta perlindungan kepada Ken Arok, Akuwa Tumapel.
Perseteruan itu memuncak menjadi pertempuran di desa Genter pada tahun 1222 M. Dalam pertempuran itu, Ken Arok dapat mengalahkan Kerta Jaya. Peristiwa itu menandai berakhirnya kerajaan Kediri.

1.      Kehidupan Sosial Masyarakat Kediri
Pemerintahan kerajaan Kediri sangat memperhatikan kehidupan sosial rakyatnya. Hal ini dapat dilihat dari usaha pemerintahan dalam memajukan pertanian, peternakan, dan perdagangan. Masyarakat bias hidup tenang karena pencuridan perampok mendapat hukuman berat.



2.      Kehidupan Politik Masyarakat Kediri
-          Hubungan antara raja dan pejabat menengah kerajaan dapat bersifat langsung
-          Kalangan intelektual dari kalangan brahma diundang untuk ikut serta dalam pemerintahan
-          Organisasi meliter diperkuat. Tindakan ini dilakukan untuk memenangkan persaingan melawan Ganggak dan menciptakan keamanan
-          Pengaturan penyaluran air dimedernisasikan untuk meningkatkan ekonomi

3.      Kehidupan Ekonomi Masyarakat Kediri
Kehidupan ekonomi kerajaan Kediri bersumber pada usaha pertanian, peternakan, dan perdagangan. Penduduk kerajaan Kediri menanam kapas dan memelihara ulat sutera. Hasil pertanian utamanya adalah berupa beras

Share it