Jumat, 14 Desember 2012

Buldozers



Alat ini merupakan alat gali (excavator) dan alat dorong atau alat gusur (dozer) yang kuat serta dapat banyak membantu pekerjaan alat-alat muat
Ditinjau dari segi penggeraknya ada 2 macam bulldozers, yaitu :
a.    Bulldozers yang memakai roda-roda karet (rubber tired bulldozers)
Gerakannya lebih gesit dan lincah, tetapi hanya cocok untuk daerah-daerah yang kering dan landasannya keras. Untuk daerah-daerah yang becek dan landasannya lunak, maka Bulldozers tipe ini akan kehilangan kekuatannya karena sering selip. Untuk bekerja didaerah yang banyak terdapat batuan yang tajam juga tidak cocok, kecuali kalau ban-bannya dibungkus dengan anyaman rantai baja.
b. Bulldozers yang memakai rantai (track type Bulldozers or crawler dozer)
Gerakannya lamban, tetapi daya gusurnya meyakinkan. Alat ini dapat bergerak dengan mantap di daerah-daerah yang kering maupun becek, karena rantainya mampu menggigit landasan kerjanya dengan baik, sehingga tidak akan selip. Untuk dipakai di daerah yang berbatuan tajam juga tidak menjadi masalah.
Kemampuan Bulldozers sangat beraneka ragam, antara lain dapat dipergunakan untuk melakukan :
a.    Pembabatan atau penebangan yaitu semua pohon-pohon besar kecil, sisa pohon yang sudah ditebang, kemudian membuang bagian tanah atau batuan yang menghalangi pekerjaan-pekerjaan selanjutnya. Seluruh pekerjaan itu dapat dikerjakan sebelum pemindahan tanah itu sendiri dilakukan, atau dikerjakan bersama-sama, artinya bagian yang telah dibersihkan dapat segera dilakukan penindahan tanah, sementara pekerjan, penebasan, dan pembersihan terus dilakukan di tempat lain  
Cara-cara pembabatan atau penebasan dan pembersihan itu ada dan bermacam-macam cara tergantung dari keadaan lapangannya, misalnya :
1)   Bila di daerah itu hanya ditumbuhi semak-semak dan pohon-pohon kecil yang diameternya < 10 cm. Cukup langsung didorong. Tanah yang berhumus di kumpulkan untuk dipakai lagi nanti pada waktu reklamasi.
2)   Kalau pohon-pohonnya berdiameter agak besar dan akar-akarnya kokoh, maka ada dua cara yaitu :
a)    Didorong beberapa kali dengan pelan-pelan untuk menjatuhkan dahan-dahan atau cabang-cabang yang sudah tua dan kering, lalu didorong sekaligus mendadak dengan sedikit mengangkat bilah (blade)-nya sampai pohon itu roboh.
b)   Dengan dua buah Bulldozers yang menarik rantai baja.


b.    Bila selain semak-semak terdapat pula bongkah-bongkah batu besar Bulldozers yang akan menghalangi pekerjaan, maka batu tersebut sangat besar tidak boleh sekaligus didorong, karena akan melampaui batas kemampuan dorong Bulldozers. Sebaiknya didorong sedikit demi sedikit dari sebelah pinggirnya sedemikian rupa sehingga akhirnya mencapai diluar batas daerah kerja. Jika ada batu didaerah pada suatu lembap, maka lerengnya prlu digali lebih dahulu agar tidak terlalu curam, karena Bulldozers dapat terbalik. Kecuali itu lereng yang lebih pandai tersebut dapat pula dipakai untuk mengambil kecepatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM INISIASI PELEDAKAN (Blast Initiation System)

Inisiator merupakan suatu istilah yang diguanakan oleh perusahaan (industri) bahan peledakn untuk mendeskripsikan peralatan yang dapat dig...